Mengamankan Jaringan Wireless Menggunakan 192.168.1.1

Mengamankan jaringan wireless menggunakan 192.168.1.1 (default IP). Seringkali kita jumpai sebuah jaringan wireless rumahan yang dibiarkan tanpa proteksi. Memiliki jaringan yang tidak terproteksi adalah sangat tidak aman. Lalu, bagaimana untuk mengamankan jaringan yang menggunakan alamat IP default 192.168.1.1 dapat digunakan secara efektif. Sebagian besar tweak keamanan dapat dilakukan di panel konfigurasi. Kita dapat mengaksesnya dengan mengetikkan 192.168.1.1 ke address bar browser Anda. Setelah kita sampai di sana kita dapat melakukan hal berikut untuk meningkatkan keamanan jaringan wireless rumah kita.

setting_access_point

1. Ubah SSID Anda. Jika seseorang yang ingin masuk ke jaringan rumah Anda telah mengetahui SSID Anda, kita dapat mengatakan bahwa dia sudah selangkah lebih dekat untuk melakukannya. Gunakan alamat IP 192.168.1.1 untuk mengakses panel Konfigurasi Anda dan mengubah SSID Anda menjadi sesuatu yang lebih unik. Pada saat yang sama SSID broadcast harus dimatikan terlebih dahulu.

2. Mengubah default username dan password. Banyak pengguna merasa aman dengan pengaturan default dan membiarkannya seperti itu. Namun sangat disarankan untuk mengubah default username dan password. Ini adalah langkah pertama untuk membuat jaringan Anda lebih aman.

3. Aktifkan penyaringan alamat MAC. Perlu diaktifkan sebagai satu lapisan keamanan. Jika Anda menggunakannya dengan enkripsi nirkabel, keamanan jaringan rumah Anda akan dibawa ke tingkat yang lebih tinggi.

4. Aktifkan enkripsi yang kuat. Pilih dan menggunakan enkripsi terkuat perangkat nirkabel untuk mendukung jaringan Anda. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan di panel konfigurasi dan Anda dapat menggunakan 192.168.1.1 untuk mengaksesnya. Enkripsi WEP akan meminta Anda untuk mengubah password Anda secara bulanan. Untuk mencegah seseorang untuk memecahkan sandi Anda harus selalu menggunakan angka, huruf dan karakter khusus dalam password Anda.

5. Aktifkan firewall. Firewall pada router dan komputer lain dalam jaringan harus dihidupkan. Anda dapat dengan mudah mengkonfigurasi firewall Anda dengan mengakses panel konfigurasi dan tentu saja Anda dapat melakukannya dengan IP 192.168.1.1. Dengan mengaktifkan firewall Anda dapat yakin bahwa jaringan Anda benar-benar aman dari gangguan jaringan.

2 comments

10 Mei 2012 23.17

saya punya wireless merk at&t w7 simcard 3.....mau saya kasih password.....gimana caranya (step by step).......tolong ke email saya.... super_dad63@yahoo.co.id......thanks saudara.......

12 Mei 2012 10.33

@syekh siti jenar at&t tipe yg mana gan..coba aja lihat di link ini forum at&t

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Soft-Tunnel | Gratis $10 Seo Elite by BamZ