Cara Mudah Menghemat Baterai Ponsel Android

Cara mudah menghemat baterai ponsel Android. Smartphone Android memang terkenal boros baterai, apalagi jika OS nya masih dibawah seri roti jahe alias Gingerbread. Berikut ini ada beberapa tips menghemat baterai ponsel Android yang bisa anda coba.

baterai-android-lowbatt

1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan.
Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. Ini adalah salah satu kelebihannya, namun efeknya aplikasi yang masih berjalan ini juga memakan energi, meski tidak digunakan.

Untuk melakukan ini, anda bisa memakai cara manual dengan mematikannya satu-satu. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi 'Advanced Task Killer' untuk mematikannya.

2. Matikan live wallpaper
Smartphone anda memang akan terlihat sangat keren bila muncul dengan walpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga bagi baterai handsetnya. Jadi cukup gunakan walpaper biasa saja.

3. Kurangi kecerahan layar
Anda tidak perlu resolusi pencahayaan yang besar saat siang atau berada di luar ruangan. Jadi, layar di perangkat Anda bisa dikurangi untuk menghemat baterai.

Caranya cukup mudah, masuk ke menu 'setting', lalu pilih 'display', setelah itu pengguna bisa mengatur kontras warna dan rasio kecerahaan.

4. Gunakan Mobile network seperlunya saja
Bila Anda sedang tidak dalam keadaan online, ada baiknya memang jaringan mobile dimatikan untuk menghemat kondisi.

Caranya, masuk ke menu setting, lalu pilih Wireless and network, setelah itu baru pilih mobile network, kemudian pilih fungsi 'off'.

5. Matikan fungsi getar
Saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi, karena fitur ini cukup lumayan menyedot daya baterai ponsel.

6. Gunakan aplikasi penghemat baterai
Anda bisa gunakan aplikasi yang bernama 'Battery dry to Save Battery'. Aplikasi ini cukup komplit, karena juga memberikan informasi kepada anda aplikasi mana saja yang memakan energi besar. Atau anda bisa juga mencari aplikasi penghemat baterai lainnya di Android Market.

Demikianlah beberapa tips untuk menghemat baterai pada ponsel Android. Semoga bisa membantu.

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Soft-Tunnel | Gratis $10 Seo Elite by BamZ